Cara Mudah Membuat Blog di Blogger

  1. masuk ke www.blogger.com
  2. pilih "create blog" atau "buat blog"
  3. Isi form ; email, password,dll (jangan lupa isi verifikasi kata dengan huruf/angka yg ada ditampilan)
  4. Next, isi "judul/title blog" (isi blogmu tentang apa?)
  5. "Alamat blog" (contoh: http://ini alamat blogmu.blogspot.com) tunggu sampai ada verifikasi bahwa alamat blog itu tersedia, jika tidak tersedia, ganti alamat yg lain.
  6. "pilih template" (bisa asal pilih, karena nanti bisa diganti)
  7. Silahkan mulai posting/menulis blogmu "entri baru" (klik compose)
  8. Ketika posting, jangan lupa mengisi label yg berada di bawahnya. trus "publikasikan"/"terbitkan entri"
  9. Ketika kamu posting tetapi belum selesai dan mau dilanjutkan nanti, silahkan klik "simpan sekarang" yg akan disimpan sebagai draft.
  10. ketika kamu mau melanjutkan tulisanmu itu kamu bisa masuk ke "posting" trus "edit entri" silahkan lanjutkan menulis. jika sudah selesai,

    tunggu sampai ada pemberitahuan bahwa konsepmu telah disimpan, trus klik "terbitkan entri" atau langsung kamu klik "simpan sekarang" (jika kamu melakukan dengan cara ini, kamu akan dibawa ke halaman "edit entri" pilih postinganmu yg ada tulisan "draft" beri tanda centang di kotak yg ada di sebelah kirinya, klik "publikasikan")
  11. Jika tidak ada kesalahan dalam postinganmu, maka kamu akan mendapat pemberitahuan bahwa postinganmu telah berhasil diterbitkan.
  12. Kalau ada kesalahan, maka blog akan memberitahu bahwa ada suatu kesalahan. Kalau kamu tidak tahu salahmu dimana, silahkan klik "edit html" pada halaman posting. Biasanya kesalahan karena tanpa kita sadari kita menggunakan sandi html yg salah dan biasanya akan di tunjukkan dengan warna merah pada kata2 yg salah.
  13. Untuk membuat posting baru, klik "entri baru"
  14. Untuk edit entri, klik "edit entri"
  15. Untuk mengatur komentar yg masuk, klik "moderasi komentar"
  16. Post "Pengaturan"= "alat blog" biarkan saja. "judul" Tulis judul blogmu. "Tambahkan blog anda ke daftar kami" pilih Ya. "Biarkan mesin pencari menemukan blog anda" pilih Ya. "Tampilkan editing cepat" pilih Ya. Tampilkan link posting email" pilih Ya. "Konten dewasa" pilih Tidak. "Pilih editor entri" pilih Editor yg diperbaharui. "Aktifkan tranliterasi" pilih Nonaktif. Simpan Setelan.
  17. Halaman "Publikasi"= "Alamat blogspot" tulis alamat blogmu ini. "Verifikasi kata" isi kata/huruf yg berwarna merah dikotak yg telah disediakan. Simpan Setelan.
  18. Halaman "Format"= "Tampilkan" pilih berapa posting yg ingin kamu tampilkan di halaman depan blog. "format tanggal dll" pilih yg kmu sukai. "Konversi ganti baris" pilih Ya. "Tampilkan field judul" pilih Ya. "Tampilkan kolom link" Terserah kamu. "Aktifkan perataan float" pilih Ya. "Templat entri" kosongkan, kecuali kamu mengerti ttng template. Simpan Setelan.
  19. Halaman "Komentar"= "Komentar" pilih tampilkan. "Siapa yg bisa berkomentar" sebaiknya pilih Siapapun. "Penempatan formulir komentar" sebaiknya disemat di bawah entri. "Defoult komentar untuk entri" sebaiknya pilih Entri baru memiliki komentar. "Taut balik" pilih tampilkan. "Bawaan taut balik untuk posting" pilih Entri baru memiliki taut balik. "Pesan formulirkomentar" kosongkan. "Moderasi komentar" silahkan pilih. "Tampilkan verifikasi kata untuk komentar" pilih Ya. "Tampilkan gambar profil dlm komentar" pilih ya. "Email pemberitahuan komentar" tulis alamat emailmu(kalau ada komentar masuk, kamu akan mendapat pemberitahuan lewat email). Simpan Setelan.
  20. Halaman "Arsipkan"= "Frekwensi arsip" pilih tiap bulan. "Aktifkan halaman posting" pilih Ya. Simpan Setelan.
  21. Halaman "Feed Situs"= "Izinkan feed blog" penuh. "Posting URL pengubah arah feed" kosongkan. "Footer feed posting" kosongkan. Simpan Setelan.
  22. Halaman "Email&Seluler= biarkan saja
  23. Halaman "Open ID"= biarkan saja
  24. Halaman "Izin"= "Pembaca blog" pilih Semua.
  25. Post "Tata Letak"= "Elemen halaman" menunjukkan posisi tiap elemen di blogmu, yang bisa kamu pindah2 dengan menggunakan mouse drag. "Font&Warna" silahkan atur warna tulisan judul sampai dengan link, sesuai seleramu."Edit HTML" gunakan jika kamu ingin mengganti templatemu dengan template custom."Pilih Template baru" gunakan jika kamu ingin mengganti templatemu dgn template yg telah disediakan oleh blogger, warna bisa dirubah, sesuai dengan pilihan warna di bawah template yg ditawarkan.
  26. Selesai